Jumat, 22 November 2013

Film tentang Anemia

hai.. lama tak menulis lagi. sebenarnya banyak banget yg mau saya tulis. saya bahkan juga sudah me-list topik2 mana yg bagusnya saya bahas di blog ini. tapi entah kenapa males banget rasanya memulai menulis. jadinya begini deh. saya hanya menulis asal-asalan saja.

oh iya, saya mau cerita tentang yang sekarang saya kerjakan. sekarang ini saya lagi sibuk membuat film.
ohhoow. saya belum sehebat hanung bramantyo kok. saya cuma dapat tugas dari mata kuliah Praktek Konseling Gizi untuk membuat film tentang konseling kelompok. satu kelompok itu 5 orang. maka jadilah kami berlima berdiskusi mengenai topik yg akan dibahas. akhirnya kami menemukan kesapakatan untuk membuat film tentang anemia. fokusnya pada remaja putri usia SMA. 

nah, dari sini udah keliatan dong ujungnya. kita bakal jadi anak SMA. hahahaha. ngebayanginnya aja udah geli banget. tapi begitulah yg akan terjadi. saat ini, skenarionya sudah jadi. tapi kami gak yakin akan sanggup mencapai target durasi >30 menit. soalnya skenario bikinan kami cuma ada 8 scene. 

kemarin rencananya kita mau syuting 3 scene. tapi akhirnya cuma 1 scene yang jadi. total durasinya cuma 3 menitan. kami dibantu teman2 dari UPT KKN. senang juga bisa mendengarkan pendapat dari berbagai sudut pandang. kami berdebat tentang bagaimana seharusnya kamera mengambil gambar, posisi meja dan kursi, soal tag nama di baju yg harus ditutupi, dsb. semuanya menyenangkan.

kenapa saya semangat begini ya? haha.. bikin filmnya jadinya selesai jam 8.30-an malam. jadinya sy nyampe rumah sekitar jam 9.30-an. sepanjang perjalanan pulang saya terus berpikir, apa yg saya harus siapkan dirumah untuk kelanjutan syuting besok. saya juga masih harus print poster untuk properti film. semuanya menyenangkan. 

tapi kemudian saya sadar, bukan proses pembuatan film itu yg mengambil peran utama dalam "perasaan senang" saya. saya senang karena ini pertama kalinya saya menemukan teman sekelompok yg hardworking. semuanya bekerja keras demi film ini, bahkan termasuk teman baru kami dari UPT (ingatkan saya untuk mentraktir mereka). selama ini saya selalu mendapatkan berbagai macam jenis teman dalam kerja kelompok. dan dalam kerja tim itu, selalu saja ada teman yg seolah-olah mengatakan "kerjakan saja tugasnya, saya terima saja apa yg terjadi, karna saya punya kerjaan lain jadi tidak bisa membantu". 

yah begitulah. lanjut tentang film. sampai di rumah, saya bermaksud memperbaiki skenario khususnya di scene konseling kelompoknya. tapi saya hanya mencuci baju, membungkus properti film untuk besok, kemudian saya tepar.

besoknya, saya menonton ulang video-video kemarin. wah, saya hampir menangis terharu menontonnya. melihat semua hasil kerja keras kami kemarin. cuma satu scene, tapi ada 4 video di kamera saya. banyak kan? yg artinya ada 3 video yg sebenarnya tidak diperlukan. video NG.

lalu melihat bagaimana teman-teman sudah berusaha keras, saya juga pergi ke rumah tetangga untuk meminjam seragam SMA-nya. dapat 2. tapi cuma roknya saja. pulangnya saya memperbaiki skenario sebaik-baiknya. saya menemukan banyak referensi. semoga hasil perbaikan saya bisa menjadikan film kami yang terbaik. kemudian saya tertidur.

dan saya terbangun dalam keadaan "home alone". geez.. saya ditinggalin. saya mau ke kampus tapi sudahlah. besok saja kita lanjut syutingnya. begitu kata salah satu teman tim kami. makanya hari ini saya bertekad untuk memperbaiki skenario sebaik-baiknya demi film buatan kami yg pertama. saya bahkan akan menulis narasi juga. wah saya berasa jadi orang hebat nih. Kim Eun Sook dan Hong Jin Ah kalah deh. hahaha. (ini gak mungkin ya)

well.. itulah cerita saya hari ini. 
apa? skripsi? nanti dulu yaa.. hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar